Kamis, 24 Februari 2011

pesona indonesia ku

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada Mudaers.com atas diadakannya Kompetisi Website Kompas MuDA - KFC. Kompetisi yang saya rasa adalah kompetisi penunjang agar para bloger di Indonesia (khususnya para pelajar muda Indonesia) agar lebih berani lagi untuk mengeluarkan kemampuan menulis nya dan tak hanya diam saja jika ingin mengungkapkan sesuatu hal.
Bangga Indonesia adalah tema yang diambil dalam Kompetisi Website Kompas MuDA – KFC. Sebagai bagian dari bangsa Indonesia kita harus tahu apa saja yang Indonesia miliki dan apa saja yang perlu dibanggakan dari Indonesia.

Bangsa Indonesia memiliki banyak keaneragaman suku bangsa, agama, budaya serta bahasa. Contoh saja di kampus tempat saya kuliah, tidak hanya mahasiswa yang bersuku jawa saja yang kuliah disana, ada juga yang berasal dari Madura, Kalimantan, NTT, dll.
Justru dari situ saya melihat keanekaragaman yang unik dan saling melengkapi satu sama lain.

Contoh lagi, ketika pada saat jalan di mall, teman-teman saya yang berasal dari Madura, mereka senang bercanda dengan teman lainnya yang sama-sama dari madura dengan bahasa logat mereka, yang tentu saja hanya mereka saja yang tahu arti percakapannya. Seolah-olah mereka bule ditengah masyarakat surabaya hehe..(Dasar anak muda :) )
Bukannya Norak ataupun menghina, namun ini menyenangkan bagi saya, dan saya pun ingin mempelajari bahasa daerah mereka atau bahkan bahasa daerah lainnya. :)

Selain bahasa, ada juga Budaya lainnya yang tidak kalah menarik. Rumah adat misalnya. Rumah adat diatas, adalah rumah tradisional suku Minangkabau, Sumatra utara. Ciri khasnya yang menggunakan atap menjulang ke atas, dan pasti kelihatan dari kejauhan.
Rumah adat lainnya yang menarik perhatian saya adalah rumah adat dari Bali, yang biasa dihiasi dengan kain kotak-kotak berwarna hitam putih, pesona itu mencengangkan saya ketika liburan akhir tahun dengan teman-teman saya di Bali. Pantai yang indah, tari pedet dan alunan musik yang khas, membuat kita betah berlama-lama di pulau bali yang tak hanya disenangi pengunjung lokal, melainkan kebanyakan dari Luar negeri.
Para anak muda seperti saya pada umunya, juga melilih bali karena gelombang laut disana cocok untuk surfing dan pesona pantainya sungguh luar biasa. Tidak hanya saya saja juga sih, bule-bule dari luar negeri sangat menggandrungi surfing di pantai kute. Dan disana banyak sekali kaos dan baju dengan branding terkenal yang mungkin harganya bisa jauh lebih murah dibanding yang di jual di Surabaya tempat saya tinggal :)
Dengan Kompetisi Website Kompas MuDA – KFC yang bertema Bangga Indonesia ini dimaksudkan agar para kawula muda lebih tahu lagi cara exploitasi negeri ini dan harus bisa mengenalkannya ke khalayak ramai terlebih masyarakat manca Negara yang tentunya nanti bisa menambah pendapatan Negara :)
Kota Jogja, adalah kota pelajar yang juga tidak kalah akan kekentalan kebudayaannnya. Banyak candi-candi terkenal di kota Jogja yang seringkali menjadi objek wisata bahkan pernah menjadi 7 keajaiban dunia. It’s amazing :)
Beberapa candi terkenal di Kota Jogja adalah candi Borobudur dan candi Prambanan.
Ketika saya berkunjung kesana, kalau tidak salah saat itu saya masih duduk di bangku SMP.
Candi Borobudur dalah candi Budha terbesar di abad ke-9 yang berukuran 123 x 123 meter. Candi Borobudur selesai dibangun berabad-abad sebelum Angkor Wat di Kamboja.
Sedangkan Candi Prambanan adalah mahakarya kebudayaan Hindu dari abad ke-10. Bangunannya yang langsing dan menjulang setinggi 47 meter membuat kecantikan arsitekturnya tak tertandingi.
Benar-benar karya terbaik untuk bumi Indonesia.

Hmmm apalagi ya yang menarik dari Indonensia…? :)
Batik… Anda mengenal batik?
Batik adalah budaya dari nenek moyang Indonesia khususnya Jawa yang sampai saat ini masih digunakan. Cara kesenian batik adalah dengan cara menggambar guratan-guratan seni dengan tinta diatas helaian kain. Dimasa lalu seni membatik ini digunakan oleh para wanita Indonesia sebagai mata pencaharian. Sampai saat ini batik terkenal hingga keluar negeri dan tidak heran batik di Indonesia sudah ditetapkan menjadi salah satu kebudayaan Indonesia oleh UNESCO.
Saat ini para kawula muda juga tidak canggung menggunakan batik yang dulunya kebanyakan hanya digunakan oleh orang tua saja, karena motifnya beragam dan khas, maka pemuda indonesia tidak malu menggunakannya, bahkan seringkali fashion show yang melibatkan kawula muda menggunakan batik ketika mereka berjalan di catwalk.

Seperti yang saya singgung diatas tadi, bahwa para kawula muda harus benar-benar tahu tentang seluk-beluk Indonesia, namun jangan hanya yang terkenal saja yang harus kita kenal. Seperti yang ada di Papua saat ini. Dan inilah salah satu alasan diadakannya Kompetisi Website Kompas MuDA – KFC yang bertema Bangga Indonesia, kita benar-benar tahu dan jangan sekali-sekali menyepelekannya.
Tanah papua, adalah dimana pulau paling timur Indonesia, menyimpan banyak sekali kekayaan alam.
Dulunya Antonio d’Abrau pelaut asal Portugis saat pertama kali menginjakan kakinya di bumi cenderawasih, mengatakan bahwa Papua adalah Pulau emas (Isla del Oro atau Island of Gold). Dan itu adalah benar, bisa kita lihat melimpahnya emas dan tembaga di timika, yang bisa memperkaya bangsa indonesia. Selain itu terdapat pula minyak dan gas disana. Inilah tugas kita para pemuda-pemudi Indonesia, untuk menjaga dan melestarikan kekayaan bumi pertiwi ini.
Sebagai bangsa yang hebat, tentunya harus memiliki para pemuda-pemudi yang juga berpikir kritis dalam segala hal. Pikirkan apa yang akan  kita lakukan untuk kemajuan negeri ini. Karena apa yang kita lakukan dampaknya akan berimbas kepada anak cucu kita.
So, dengan mengikuti Kompetisi Website Kompas MuDA – KFC yang bertema Bangga Indonesia ini kita harus lebih maju dalam berpikir dan dengan Dengan Kompetisi Website Kompas MuDA – KFC inilah awal kita untuk membuat perubahan yang berarti untuk Indonesia, karena SAYA BANGGA MENJADI INDONESIA :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar